Senin, 17 Maret 2008

Perangkat Teknologi Hiburan Bergerak Multimedia Digital



Di era multimedia sekarang menjadi kebutuhan banyak orang untuk menikmati kemajuan di mana dan kapan saja. Kehadiran teknologi tayangan definisi tinggi (HD) membuat banyak orang bergairah menyaksikan berbagai video yang tajam dan jelas dalam format yang berbeda dengan sebelumnya.

Konsep multimedia dengan mobilitas yang tinggi sudah lama diperkenalkan. Perangkat yang masuk dalam kategori hiburan, seperti iPod dan sejenisnya, memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mendengarkan musik dan menikmati video digital di mana saja, bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Persoalannya, perangkat sejenis iPod yang terdiri dari beberapa seri memiliki monitor yang terlalu kecil untuk menayangkan video digital yang ingin dinikmati dan hanya bisa disaksikan sendiri saja. Padahal, dalam kondisi Kota Jakarta yang begitu macet tanpa bisa diduga, bisa menyaksikan video digital dengan tayangan monitor yang besar dapat memberikan kepuasan sendiri untuk menghilangkan stres.

Tidak banyak perangkat multimedia digital yang mampu menyediakan ini. Salah satu produk yang dicoba Kompas adalah Nextbase SDV1102 yang beratnya hanya 0,99 kilogram dan dioperasikan dengan menggunakan baterai (atau menggunakan charger mobil). Ukuran monitor 10,2 inci (diagonal 25,9 sentimeter) memberikan kepuasan untuk menyaksikan tayangan video digital.

Tampilan utuh

Perangkat Nextbase SDV1102 adalah pemutar DVD multimedia yang ideal untuk dibawa ke mana-mana, dalam ruang maupun luar ruang. Fitur yang ditampilkan SDV1102 pun beragam, tak hanya sekadar sebagai pemutar DVD.

Perangkat ini memiliki pemancar TV dan memungkinkan kita untuk memilih kanal TV yang ditonton. Bahkan dengan menggunakan kabel analog, Nextbase dengan layar lebar ini bisa digunakan untuk menyaksikan tayangan TV berbayar yang umumnya mampu menampilkan tayangan yang jernih dan tajam dibandingkan dengan kanal TV terestrial.

Nextbase SDV1102 ini juga memiliki keunikan lain untuk menjadi perangkat serba ada, all-in-one. Perangkat ini memiliki rongga pembaca kartu memori untuk berbagai ukuran, seperti SD, MMC, MS, dan MS-Pro buatan Sony. Selain itu, SDV1102 memiliki rongga USB (Universal Serial Bus) yang memungkinkan hard disk eksternal untuk terhubung dengan perangkat ini.

Kualitas tayangan video digital berbagai format DVD maupun digital yang diambil dari hard disk eksternal mampu ditayangkan dengan ukuran 800 x 400 piksel definisi tinggi, menghadirkan gambar yang tajam dan sempurna untuk menjadi perangkat tontonan bergerak di dalam kendaraan.

Kualitas suara dari sistem pengeras suara stereo pun mampu menghadirkan nuansa yang memadai di dalam kabin kendaraan, menikmati jalannya berbagai adegan video digital. Dengan ukuran layar 16:1, keseluruhan tampilan video digital mampu ditampilkan secara utuh seperti layaknya menikmati video digital pada layar lebar TV rumah.

Kapasitas besar

Penggunaan kartu multimedia dalam perangkat SDV1102 bisa untuk menyimpan video digital (dalam ukuran SD atau CF Card yang besar berkapasitas 4 GB, misalnya) atau untuk menayangkan hasil jepretan foto digital.

Nextbase SDV1102 kategori multifungsi dengan antena DVB-T yang mampu menangkap siaran TV digital bisa menjadi teman ideal siapa saja di tengah kemacetan Kota Jakarta sekarang ini. Kita pun akan merasakan nuansa yang berbeda di dalam kabin kendaraan yang selama ini menjenuhkan dan menunggu kendaraan bergerak sedikit demi sedikit.

Produk Nextbase ini mampu membaca berbagai format optik digital, mulai dari CD-ROM, CD-RW, DVD+RW, sampai SVCD yang mampu memuat berbagai ragam informasi multimedia. Penggunaannya pun sederhana dan mampu menjadi perangkat hiburan yang menyenangkan di mana saja. (rlp)

Tidak ada komentar: