Senin, 03 Maret 2008

Pilihan Aplikasi Lengkap Gratis di Jaringan Internet




KOMPAS/RENE L PATTIRADJAWANE / Kompas Images

Senin, 3 Maret 2008 | 04:20 WIB

Selain menghadirkan berbagai persaingan ketat menjajakan berbagai perangkat keras dan perangkat lunak dalam kemajuan teknologi komunikasi informasi, tren globalisasi yang penting adalah kehadiran orang-orang yang memiliki inisiatif yang mengubah jalannya perdagangan dan bisnis dunia.

Ketika perusahaan besar seperti Microsoft mulai masuk ke mekanisme bisnis prabayar dengan menjajakan Office Professional 2007, ada juga yang memberikan alternatif penggunaan aplikasi pengolah kata, pengolah angka, dan sejenisnya secara gratis mengakses situs web.

Dan yang menarik dari kehadiran dan kemajuan teknologi komunikasi informasi adalah munculnya pemain baru yang ukurannya tidak lagi skala perusahaan, tetapi individu-individu kreatif dengan ambisi besar menguasai dan mencari keuntungan dari kemajuan teknologi komunikasi informasi ini. Google, Yahoo, Friendster, Flickr, dan sejenisnya sekarang menjadi bisnis miliaran dollar AS, dan dimulai dan dikembangkan oleh beberapa gelintir orang.

Setiap hari bermunculan orang-orang yang mengerti dan memahami kekuatan teknologi komunikasi informasi ini, dan fenomena ini terjadi di mana-mana di dunia. Teknologi komunikasi informasi pun berkembang menjadi komoditi yang dicari orang, dan menjanjikan kekayaan yang berlimpah seperti yang dialami Larry Page dan Sergey Brin yang menghasilkan mesin pencari digital paling canggih di dunia yang disebut Google.

Aplikasi gratis

Fenomena ini juga ditunjukkan situs web Zoho (www.zoho.com), situs yang memberikan jasa aplikasi dengan mengisi nama dan sandi. Yang menarik dari Zoho ini adalah produk-produk yang ditawarkan mirip dengan Office Professional buatan Microsoft, dengan menawarkan aplikasi seperti pengolah kata, pengolah angka, perangkat presentasi, pembuat catatan (seperti OneNote buatan Microsoft), dan berbagai aplikasi lainnya.

Penggunaannya sederhana. Para pengguna tinggal memasukkan nama dan sandi yang terdaftar pada situs Zoho, dan langsung bisa memilih aplikasi yang ingin digunakan. Sesederhana itu, tanpa harus melakukan instalasi seperti menggunakan aplikasi Office Professional.

Di tengah semakin terjangkaunya jaringan kecepatan tinggi broadband, aplikasi Zoho di jaringan internet menjadi pilihan menarik karena satu alasan, penggunanya tidak perlu membayar penggunaannya dan bahkan menyimpan semua dokumen yang dibuat di situs Zoho.

Berdasarkan pengalaman Kompas menggunakan aplikasi Zoho ini, paling tidak produktivitas menjadi meningkat karena memungkinkan untuk mengakses berbagai perangkat aplikasi secara online, termasuk menggunakan ponsel. Selain aplikasi perkantoran untuk tulis- menulis maupun menghitung, Zoho juga memberikan layanan aplikasi berupa pembentukan database, perencanaan proyek, solusi bisnis, dan sebagainya.

Peluang baru

Jaringan internet memang telah menyediakan berbagai peluang. Aplikasi yang disediakan secara gratis bisa memenuhi kebutuhan berbagai ragam orang yang tinggal di belahan mana saja di dunia.

Sedangkan untuk menyimpan data yang dibuat menggunakan aplikasi yang disediakan Zoho, pengguna bisa melakukannya dengan penggunaan aplikasi Google Gear sehingga pekerjaan bisa diteruskan ketika penggunanya tidak memiliki akses ke jaringan internet.

Sekarang ini, selain Zoho, ada juga Google dan ThinkFree yang menyediakan aplikasi sebagai sebuah jasa online. Tujuannya, pasti mencoba untuk mendobrak dominasi Microsoft yang menguasai berbagai aplikasi populer yang digunakan oleh siapa saja di seluruh dunia.

Fenomena ini akan terus berkembang menghadirkan skema baru cara kita berbisnis memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi informasi. Pada awalnya, kita memang dibingungkan dengan penyediaan gratis berbagai aplikasi tersebut. Namun, pada akhirnya mereka juga ikut menentukan jalannya bisnis yang tidak lagi hanya berbentuk lisensi, tapi menjadikan jasa sebagai sebuah peluang baru. (rlp)

Dengan tampilan mirip aplikasi pengolah kata Office Professional buatan Microsoft, Zoho Writer memberikan kemiripan yang sama dan bisa digunakan tanpa membayar. Kemajuan teknologi komunikasi informasi memberikan pilihan yang tidak dikenal dalam skema bisnis di dunia nyata. Tidak berbayar di jaringan internet adalah fenomena dan rumus yang lazim digunakan.

Tidak ada komentar: