Senin, 17 Maret 2008

Produk Multimedia yang Terjangkau

KOMPAS/RENE L PATTIRADJAWANE / Kompas Images
Produk kamera video digital di pasaran sekarang tidak harus mahal, terutama bagi mereka yang baru pertama kali menikmati kemajuan teknologi digital. Harga yang terjangkau menghadirkan produk yang memadai, seperti Spectra Vertex DX1 yang memiliki beragam fitur, termasuk permainan digital pada seri DV12.
Senin, 17 Maret 2008 | 04:16 WIB

Kamera digital lengkap dengan fitur video sekarang tidak lagi menjadi barang mewah yang hanya dimiliki oleh kelas menengah dan kaum the haves saja, tetapi siapa saja sekarang memiliki peluang untuk memiliki gadget yang bisa mengabadikan berbagai kepentingan dalam bentuk foto dan video digital.

Kamera foto video digital sekarang mulai tersedia di pasaran dengan harga yang terjangkau, memiliki kualitas yang memuaskan, serta dirancang dengan desain yang menarik dan futuristik. Merek memang bukan isu dalam gadget jenis ini karena harga jualnya sendiri di bawah Rp 2 juta.

Mereka yang menginginkan kamera foto video jenis ini memang tidak bisa berharap terlalu banyak karena sering kali kita menjumpai orang- orang yang tidak puas dengan pelayanan purnajual yang bermasalah dengan jenis produk seperti ini. Produk ini kebanyakan adalah produk original equipment manufacture (OEM) yang dibuat di pabrik manufaktur di daratan China atau Taiwan.

Yang menarik dari jenis produk ini adalah upaya eksperimen yang tidak hanya memberikan perhatian pada fitur foto dan video digital, tetapi mencangkokkan lebih banyak fitur lain, seperti menjadi pemutar musik digital dalam format MP3, sebuah konsol permainan digital, dan banyak lagi, serta condong menjadi all-in-one untuk memenuhi selera digitalisasi penggunanya.

Produk OEM

Spectra, produk OEM yang memiliki kantor di San Francisco, Amerika Serikat, belum lama ini memperkenalkan dua produk terbarunya, yaitu DV12 dan Vertex DX1. Kedua produk mengandung lebih banyak fitur dibandingkan dengan produk sebelumnya yang hanya memberikan penekanan pada fitur kamera digital tanpa kemampuan video (lihat Kompas, 11/6/2007).

Seri Spectra DV12, yang memiliki sistem penyimpanan digital menggunakan SD/MMC card, berupaya menjadi sebuah kamera digital mini yang lengkap, memiliki fitur perekam televisi, pemutar musik MP3, dan perekam suara. Selain itu, sebagai konsol permainan digital, DV12 memiliki 20 jenis permainan digital yang digunakan ketika menghabiskan waktu di jalan atau menunggu seseorang.

Memiliki kapasitas resolusi sampai dengan 5 megapiksel, DV12 yang ringan terbuat dari bahan plastik ini memiliki lensa yang memadai untuk pengambilan video maupun memotret dalam resolusi 680 x 480 piksel. Menu penggunaannya yang sederhana memungkinkan siapa saja memakai produk Spectra ini.

Menggunakan baterai isi ulang berkapasitas 1.000 mAH, Spectra DV12 bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama untuk menggunakan fiturnya, mulai dari merekam video digital sampai memainkan berbagai permainan di dalamnya.

Menggunakan baterai

Produk Spectra lainnya adalah seri Vertex DX1. Produk ini juga memiliki resolusi 5 megapiksel, menggunakan sensor imej CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor), dan memiliki memori internal sebesar 32 MB.

Yang menarik dari seri DX1 adalah kamera digicam-nya bisa menggunakan empat baterai ukuran AAA dan bisa menggunakan penyimpanan digital SD card sampai dengan kapasitas 4 GB. Bentuknya yang ramping dan terbuat dari bahan plastik menjadikan DX1 memiliki berat yang sangat ringan, yaitu sekitar 230 gram tanpa baterai.

Menggunakan layar monitor ukuran 3 inci, DX1 memiliki kemampuan digital zoom sampai 16 kali pembesaran dan kemampuan interpolasi sampai dengan 8 megapiksel. Kualitas yang dihasilkannya memuaskan bagi mereka yang pertama kali menggunakan kamera video digital dan penggunaannya pun sederhana.

Mempunyai dua lampu kilat di bawah lensanya, DX1 mampu memancarkan cahaya cukup memadai untuk direkam sensor imej CMOS yang memang sangat peka dengan ketersediaan cahaya. Tombol fungsi perangkat DX1 pun sederhana sehingga penggunaan dengan satu tangan pun menjadi memudahkan.

Kedua kamera video digital merek Spectra ini adalah gadget sederhana yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan mereka yang memiliki dana terbatas tetapi ingin menikmati kemajuan teknologi digital yang menghadirkan kemeriahan era multimedia.

Produk Spectra dengan berbagai fitur multimedia menjadi sebuah kesatuan dan condong menjadi gadget yang bisa memuaskan dalam melakukan berbagai aktivitas. Harganya yang terjangkau dan kualitas memadai memang menjadi tawaran yang diberikan oleh produk-produk Spectra ini. (rlp)

Produk kamera video digital di pasaran sekarang tidak harus mahal, terutama bagi mereka yang baru pertama kali menikmati kemajuan teknologi digital. Harga yang terjangkau menghadirkan produk yang memadai, seperti Spectra DV12 (kiri) dan Spectra Vertex DX1 (kanan) yang memiliki beragam fitur, termasuk permainan digital pada seri DV12.

Tidak ada komentar: