Sabtu, 19 April 2008

Asus Rilis Eee PC dengan Layar 8,9 Inci

Eee PC 900
JAKARTA, JUMAT - Hanya berselang beberapa bulan dari rilis pertamanya, Asus kini memperkenalkan laptop mungil Eee PC generasi kedua. berbagai perubahan dilakukan, antara lain layar lebih besar, memori lebih besar, media penyimpan lebih besar, termasuk fitur teknologi baru.

Fitur yang jelas membedakan dengan tipe pertama adalah lebar layarnya. Asus Eee PC 900 telah dilengkapi layar 8,9 inci dan mampu menampilkan resolusi hingga 1024x600. Tipe sebelumnya menggunakan layar 7 inci dan resolusi 800x480.

Selain itu, media penyimpan data yang ditawarkan lebih besar. Untuk tipe yang mengunakan Windows XP dilengkapi solid state disc 12 GB, sedangkan yang menggunakan Linux 20 GB. Kedua tipe juga dilengkapi memori DDR 2 sebesar 1 GB, lebih besar dari sebelumnya. Meski sama-sama masih menggunakan prosesor Intel Celeron, Eee PC 900 akan menggunakan frekuensi maksimal pada 900 MHz, tidak seperti veris pertama yang hanya bekerja pada 630 MHz.

Asus Eee PC 900 juga dilengkapi teknologi navigasi yang lebih menarik dengan fitur FingerGlide. Dengan dua ujung jari yang digeser bersamaan di permukaan touch pad, mislanya, pengguna dapat melakukan pembesaran gambar yang terlihat di layar.

Asustek, perusahaan pembuatnya, yang berpusat di Taiwan juga mengklaim baterai pada Eee PC 900 tahan hingga 3,5 jam. Fitur lainnya sama dengan tipe sebelumnya, seperti kamera web 1,3 megapixel, slot SD/MMC, 3 slot USB, dan WiFi 802.11 b/g.

Meski dengan layar maupun ruang penyimpan lebih besar, beratnya tetap dapat dipertahankan di bawah 1 kilogram. Asus mengakui perubahan pada dilakukan pada versi kedua ini merupakan hasil masukan para pengguna versi pertama yang menembus angka satu juta unit dalam waktu sebulan.

"Masukan penting dari bermacam-macam pengguna telah kami diterima mendorong kami untuk membuat pilihan lebih bayak untuk memenuhi permintaan yang berbeda-beda," ujar Jerry Shen, CEO Asus.

Eee PC 900 akan tersedia mulai 1 Mei 2008 dengan harga jual sekitar 499 dollar AS.(VNUNET/PHYSORG/WAH)

Tidak ada komentar: