Rabu, 16 April 2008

Fenomena Teknologi Baru Menyongsong Jasa Internet

RENE L PATTIRADJAW /

Kemajuan teknologi komunikasi informasi telah menghadirkan berbagai perangkat keras dan lunak dalam jumlah tidak terbatas dan berganti-ganti dalam siklus yang semakin singkat. Kita pun dibingungkan oleh berbagai penyebutan dan penggunaan berbagai perangkat ini karena beragam fungsi yang diperkenalkan.

Sering kali kita tidak bisa lagi membedakan mana yang masuk kategori perangkat telekomunikasi karena memiliki fungsi dan kemampuan komputer, atau mana yang menjadi perangkat komputasi karena memiliki kemampuan telekomunikasi. Kehadiran dan kecepatan jejaring internet juga telah mempercepat semua perubahan ini.

Kehadiran Nokia N810, misalnya, mencerminkan semua kemajuan ini dan menjadi perangkat pertama yang memiliki semua kategori yang menjadi cermin kemajuan yang sangat pesat tersebut. Produk Finlandia ini memiliki papan ketik disembunyikan di balik layar monitor sentuh 4,1 inci (diagonal 10,4 cm), serta penerima GPS sebagai alat bantu navigasi digital.

Lebih besar dari ponsel cerdas pada umumnya serta lebih kecil dari komputer notebook, Nokia N810 sebenarnya merupakan perangkat untuk memberikan kemudahan akses ke jaringan internet. Seperti seri sebelumnya, Nokia N800 yang tanpa papan ketik QWERTY, produk N810 juga menggunakan sistem operasi terbuka Linux, menggunakan apa yang disebut sebagai Internet Tablet OS 2008 yang dibuat di atas enjin perangkat lunak Maemo 4.0.

Jasa internet

Menggunakan prosesor OMAP 2420 buatan Texas Instruments dengan kecepatan komputasi 400 MHz dengan kapasitas memori RAM 128 MB dan ROM 256 MB, kemampuannya cukup memadai walaupun tidak lebih cepat melakukan eksekusi dibanding komputer notebook kecil ukuran 7 inci yang sekarang berada di pasaran.

Memang fungsi utama perangkat ini mengakses jaringan internet, sehingga Nokia N810 ini memang disebut sebagai Internet Tablet karena memang gadget ini sepenuhnya mengandalkan fitur nirkabel dan Bluetooth yang memungkinkan menggunakan ponsel Bluetooth sebagai modem mengakses jaringan internet. Kemampuannya untuk menampilkan isi berbagai situs di jejaring internet tidak berbeda dengan menggunakan komputer, serta secara mulus menghadirkan situs-situs yang intensif menggunakan grafik.

Rancang desain N810 ini pun menarik, berbeda dengan gadget seperti PDA (Personal Digital Assistant). Tampilan peta pada perangkat buatan Nokia ini juga menyenangkan, terutama ketika menampilkan peta Google Earth yang memberikan posisi geografis menggunakan GPS pada perangkat ini.

Memiliki kaki untuk menempatkan N810 dalam posisi berdiri, menjadikan perangkat ini juga menyenangkan untuk dijadikan sebagai perangkat untuk membaca e-book yang sekarang menjadi fenomena penting dalam kemajuan teknologi komunikasi informasi.

Berbagai fitur yang dimiliki oleh N810 ini memang menjadi awal menarik karena kelengkapan fitur yang disediakan mencerminkan antisipasi Nokia terhadap kemajuan jejaring internet, termasuk mempersiapkan perangkat keras bagi kehadiran jasa internet Ovi yang disiapkan Nokia. Nokia N810 sekaligus menunjukkan dimulainya era layar sentuh. (rlp)

Tidak ada komentar: