Sabtu, 19 April 2008

Yahoo Mail atau Gmail Sibuk? Jangan Gusar!


Jika akses kita ke server mail seperti Yahoo Mail dan Google Mail (Gmail) sangat padat, bagaimana menyiasatinya? Jangan bingung, gunakan saja Mozilla Thunderbird atau Outlook Express.

Thunderbird maupun Outlook Express dapat diinstruksikan untuk mengambil e-mail yang masuk ke Inbox account Yahoo Mail dan Gmail (Google Mail) Anda. Cuma beberapa parameter di e-mail client Thunderbird harus diatur terlebih dulu.

Inilah langkah-langkah konfigurasi account Gmail dan Thunderbird (kurang lebih sama seperti di Outlook).


1. Aktifkan POP
Aktifkan dahulu fasilitas POP di account Gmail Anda. Silakan login ke account Gmail Anda, lalu klik tombol Mail Setting di bagian kanan atas halaman. Masuklah ke tab Forwarding and POP (Meneruskan dan POP/IMAP). Aktifkan pilihan Enable POP for all mail. Simpanlah pengaturan dengan klik tombol Save Changes.

2. Setting POP di Thunderbird

Bukalah e-mail client Thunderbird dan buatlah satu account baru dengan klik menu Tools > Account Settings > Add Account. Pada kotak dialog pertama, pilih E-mail Account, lalu klik Next. Di kotak dialog selanjutnya, isi nama Anda serta alamat e-mail Anda di Gmail.

3. . Setting POP di Thunderbird

Pada kotak dialog selanjutnya, pilih POPdan isikan pop.gmail.com di bagian Incoming Server. Dua kotak dialog selanjutnya Anda isi dengan nama pengguna dan nama account Anda. Klik Next, lalu akhiri dengan klik Finish.

4. Setting POP di Thunderbird

Konfigurasi POP di Thunderbird belum selesai, lho. Klik menu Tools > Account Settings, lalu klik nama account Gmail yang baru saja dibuat. Klik di bagian Server Settings. Isikan pop.gmail.com pada bagian Server name. Aktifkan pilihan SSL untuk mengacak jalur komunikasi Anda dengan server mail Gmail dan pastikan bahwa port yang digunakan adalah 995, lalu klikOK.

5. Setting SMTP di Thunderbird

Sekarang set POP pada server SMTP (outgoing). Klik bagian Outgoing Server (SMTP), lalu klik Add. Isikan smtp.gmail.com pada bagian Server Name. Aktifkan pilihan TLS untuk mengamankan komunikasi Anda dengan server mail Gmail dan pastikan port yang digunakan adalah 587. Aktifkan pilihan Use name and Password. Jika sudah, klik OK.

6. Tes Konfigurasi

Nah, sekarang silakan tarik e-mail dari Gmail dengan klik tombol Get Mail dan isikan password login ke account Gmail Anda. Kita lihat, e-mail-e-mail baru kita di Gmail masuk ke Inbox Thunderbird.

Bagaimana kalau Anda menggunakan Yahoo Mail? Caranya kurang lebih sama; cuma Anda harus meng-install dulu aplikasi YPOPs. Aplikasi ini akan menjadi perantara server mail Yahoo dengan komputer Anda.

Setelah di-install, jalankan YPOPs dan beri sedikit konfigurasi pada bagian Network. Isikan nilai IP localhost atau loopback, yaitu 127.0.0.1 pada bagian Bind on IP address. Pada bagian POP3 port, isikan nilai 110. Aktifkan pilihan SMTP dan isikan nilai 25 pada bagian SMTP port. Jika sudah selesai, klik OK.

Selanjutnya, atur POP di mail client Thunderbird. Buatlah satu account baru dengan klik menu Tools > Account Settings > Add Account. Urutan pembuatan account Yahoo Mail ini pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan account Gmail. Bedanya, pada server name (baik POP maupun SMTP) isi dengan localhost. Port yang digunakan menggunakan standarnya (port 110 untuk POP dan port 25 untuk SMTP). Setelah selesai, klik.

E-mail dari Inbox kita di Yahoo Mail akan masuk ke dalam Inbox Thunderbird, saat kita klik tombol dan mengisikan password login Yahoo Mail.(InfoKomputer/WIK)

Tidak ada komentar: