Sabtu, 19 April 2008

Tayangkan Video ke Seluruh Penjuru

Situs youtube

SETELAH 20 tahun berpisah, Anda dan rekan-rekan mengadakan reuni. Anda mendokumentasikan acara itu dengan kamera video. Tentu semua teman ingin mendapatkan salinannya agar bisa memiliki kenangan akan acara tersebut.

Apakah harus mengirimkan CD rekaman ke satu per satu kawan yang jumlahnya bisa ratusan? Ugh! Mengirimkannya via e-mail sebagai attachment pun kurang efektif, karena file video berukuran besar.

Solusinya adalah: online video sharing. Tahu YouTube dong? Ya, ini adalah salah satu situs penyedia layanan online video sharing. Dengannya, Anda bisa menaruh file video file, yang kemudian bisa disaksikan dan dinikmati oleh netter mana pun.

Untuk kasus di atas, Anda tinggal mengirimkan link dari halaman video yang Anda upload ke teman-teman, dan minta mereka untuk menikmatinya langsung dari situs Web tersebut. Jika perlu, mereka pun bisa menyimpannya (meskipun resolusinya cenderung "mungil").

Manfaatkan Video Sharing Service

YouTube (www.youtube.com) adalah situs berbagi video yang paling populer, dan sempat diblokir pemerintah kita gara-gara film Fitna. Namun Anda tidak harus menggunakan YouTube, sebab ada sekitar 100 layanan online video sharing tersebar di jagat maya. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan keperluan, serta fasilitas yang diberikan. Kecenderungannya, sejumlah layanan kini mengkhususkan diri pada satu atau sedikit tema video saja.

Cara pakai layanan ini sebenarnya hampir sama dengan layanan e-mail atau foto sharing. Setelah mendaftar sebagai member, Anda bisa mulai meng-upload video yang hendak dibagi ke netter lain.

Format video biasanya telah ditentukan. Meskipun ada yang membebaskan anggotanya untuk menggunakan format apapun, layanan akan mengkonversinya menjadi format standar tertentu. Biasanya setiap layanan juga membatasi durasi film dan kapasitas simpan video untuk para anggotanya.

Pilihannya Beraneka

Pilihan layanannya memang sangat luas. Namun, sejumlah layanan sudah dianggap sebagai layanan jempolan dan wajib untuk dicoba karena beberapa kelebihannya. Semisal YouTube, yang cocok bagi Anda yang ingin videonya juga bisa ditampilkan atau disisipkan ke layanan Web lain seperti blog dan online market, seperti Friendster, eBay, Blogger, hingga MySpace.

Untuk urusan tersebut, layanan vSocial (www.vsocial.com) layak dicoba. Video yang Anda simpan di sana selanjutnya bisa Anda sisipkan ke akun di layanan MySpace, Typepad, Blogger, del.icio.us, Flickr, Blog It!, sampai situs Web pribadi. Layanan ini juga memungkinkan Anda mengedit video secara sederhana.

Layanan VideoEgg (www.videoegg.com) juga memiliki fasilitas edit video meskipun sebatas trimming (memotong durasi). Proses upload video di sini sangatlah gampang.

Mau video sharing berfasilitas edit komplet? Mampir ke www.jumpcut.com. Anda layaknya menggunakan aplikasi pengedit video di sini, tetapi berbasis online.

Kemudahan upload tentu saja harus menjadi syarat mutlak. Maklum saja, mengelola video file berukuran besar akan tambah merepotkan jika proses upload-nya ruwet ditambah koneksi yang lambat.. Jika ingin kemudahan, situs-situs ini wajib Anda sambangi: www.brightcove.com, www.revver.com, www.blip.tv, www.veoh.com, soapbox.msn.com, dan vids.myspace.com.

Bagaimana kalau ukuran video file yang hendak Anda siarkan besar? Gampang. Cari saja layanan yang menyediakan kuota video besar dalam sekali upload. Rata-rata layanan ini membatasi ukuran sekitar 100MB. Namun, jika Anda menggunakan layanan sharing KiwiVid (www.kiwivid.com) dan Vimeo (www.vimeo.com), Anda bisa meng-upload sekali jalan sampai - masing-masing - 200 dan 250 MB.

Kurang besar? Cicipi Vmix (www.vmix.com) dan Viddler (www.viddler.com) dengan kapasitas 350MB dan 500MB. Jika itu pun masih terasa kurang, misalnya Anda ingin meng-upload video reuni yang berdurasi lama, gunakan www.photobucket.com dengan kuota 1GB (berbayar) atau stage6.divx.com yang berkapasitas supergede, mencapai 2GB.

Jangan lupa untuk mencicipi layanan video sharing www.ourmedia.org, www.metacafe.com, www.dailymotion.com, dan www.grouper.com.

Video Sharing Tematik

Ya, seperti yang dikemukakan di awal, trend video sharing service ini tampaknya semakin tersegmentasi. Sejumlah layanan hanya menerima upload video dengan tema tertentu.

Misalnya, Anda ingin meng-upload video tutorial tentang sesuatu hal, seperti berkebun, memasak kue, dan sebagainya. Layanan MonkeySee (www.monkeysee.com) adalah tempat yang tepat. Di sini juga Anda bisa melihat video tutorial lainnya, mulai dari soal otomotif, edukasi, fesyen, kesehatan, olahraga, sampai panduan mendidik anak.

Ada pula www.scivee.tv. Di sini Anda bisa melihat video hasil penelitian yang di-upload oleh sejumlah ahli mengenai berbagai bidang ilmu pengetahuan. Situs sejenis adalah www.scitalks.com.

Video sharing service yang berkaitan dengan agama juga ada lho. Anda umat Kristiani bisa menyaksikan aneka video siraman rohani para pendeta sampai video klip lagu rohani di www.godtube.com.

Untuk umat Muslim, silakan kunjungi www.islamictube.com. Anda bisa meng-upload video berkaitan dengan ilmu Alqur'an atau menikmati khutbah dari ulama-ulama Islam dari penjuru dunia. Video feature mengenai suatu polemik pun tersedia. Untuk kaum Yahudi, tersedia situs www.jewtube.com.

Layanan video untuk mengorbitkan lewat dunia maya cocok buat Anda yang ingin beken. Jika suka berkaraoke, rekam kegiatan menyanyi Anda dan siarkan lewat www.mydvdkaraoke.com atau www.fancovers.com.

Penggemar Friendster atau MySpace tampaknya juga harus mencoba Vator (www.vator.tv). Jika di Friendster Anda hanya menampilkan data personal dalam bentuk teks dan foto saja, di Vator Anda bisa memperkenalkan diri lewat video rekaman.

Layanan sharing video khusus lainnya antara lain Strmz (strmz.jot.com) untuk Anda yang suka mencomot rekaman siaran TV; Stupid Videos (www.stupidvideos.com) yang menyediakan video-video lucu dan konyol; Pawshow (www.pawshow.com), layanan video seputar hewan peliharaan, Rouxbe (www,rouxbe.com), untuk berbagi video resep makanan; dan Teacher Tube (www.teachertube.com), sharing video pengalaman mengenai edukasi yang cocok bagi para guru.

Gampang Mencari Video

Proses mencari video yang sesuai keinginan dari video sharing service gampang-gampang susah. Anda butuh layanan pencari yang akan menelusuri video dari aneka layanan sharing video.

Di awal 2000-an, search engine www.alltheweb.com mungkin salah satu pioner untuk pencarian video di jagat maya. Kini, pilihannya pun lumayan banyak.

Hampir semua search engine memiliki fasilitas ini sekarang. Ada www.blinkx.com, www.altavista.com/video, www.truveo.com, video.aol.com, www.fooooo.com, video.google.com, video.search.yahoo.com, www.ulinkx.com,dan www.vidsea.com.Google sendiri tak hanya berlaku sebagai pencari video, tetapi juga layanan sharing video, seperti adiknya YouTube.

Mencomot Video

Umumnya layanan video sharing menggunakan format video FLV (Flash Video) yang muncul sekitar empat tahun lalu. Selain ringan, tampilan format ini tetap apik.

Saat tersiar di situs video sharing, video file ini tak serta merta dapat dijumput. Ada caranya tersendiri. Selama ini ada dua cara untuk melakukannya: menggunakan software bantuan atau memanfaatkan situs pen-download video.

Untuk cara pertama, Anda perlu meng-install software seperti YouTube Downloader 2.1.6, Youtube Grabber 3.1 , Youtube EXE 1 , YouTube Grabber 4.2.7 , dan aplikasi sejenis lainya. Anda bisa mengambil aplikasi-aplikasi tersebut, yang umumnya gratis, dari situs penyedia program, seperti Download.com atau Tucows.com.

Cara pakainya sangat mudah. Copy dulu alamat link dari video yang hendak diambil. Selanjutnya, salin ke dalam kotak pencarian di aplikasi, dan selanjutnya program akan men-download-nya untuk Anda. Kami sarankan untuk memakai YouTube Downloader, karena program ini juga mampu mengubah format FLV ke format video lainnya.

Cara kedua adalah menyambangi situs pendownload video seperti www.keepvid.com, javimoya.com/blog/youtube_en.php, www.downloadandsaveyoutubevideos.info, www.zamzar.com, www.youtubia.com, www.vidgrab.com, atau www.vixy.net. Tanpa harus meng-install program, Anda cukup memasukkan link lokasi video ke kotak download yang ada di halaman situs-situs tersebut. Setelahnya, video akan diambil setelah Anda menentukan folder simpannya.

Terserah Anda pilih yang mana. Begitu pun untuk layanan sharing videonya. Semuanya bisa dipakai gratis untuk segala keperluan dan kebutuhan. Anda yang menentukan. Selamat mencari dan men-download. (InfoKomputer/WIK)

Tidak ada komentar: