Rabu, 16 April 2008

Bekerja Melindungi Komputer

RENE L PATTIRADJAWAN /

Salah satu persoalan akibat kemajuan teknologi komunikasi informasi adalah membesarnya penggunaan energi listrik. Sudah bisa dipastikan di setiap tempat, baik di kantor maupun perumahan, penggunaan komputer sekarang menjadi hal yang biasa seperti halnya lemari es dan pendingin ruangan.

Persoalannya, ketika beban listrik penggunaan tidak lagi bisa ditampung oleh gardu listrik atau pada sumber pasokan yang disediakan perusahaan listrik, kita pun akan bersungut dan mulai sumpah serapah karena lupa untuk menyimpan karya tulis yang sedang dikerjakan pada komputer. Situasi ini pun menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam interaksi kita menggunakan komputer.

American Power Conversion Corporation (APC) asal AS, yang bergerak dalam memberikan perlindungan menyeluruh solusi cadangan listrik, memiliki jawaban dalam menghadapi persoalan listrik yang memang menjadi isu para pengguna komputer di mana saja di dunia. Ada berbagai produk yang dikeluarkan APC untuk memberikan perlindungan daya listrik yang dikenal dengan sebutan UPS (Uninterruptible Power Supply) dengan berbagai ukuran dan keperluan.

Yang banyak digunakan untuk para pengguna komputer adalah produk APC Back-UPS RS 500VA untuk digunakan di lingkungan bisnis. Perangkat RS 500VA ini memiliki empat rongga listrik untuk melakukan back-up atas tiga jenis perangkat listrik, seperti komputer, monitor, dan printer.

Perangkat ini juga memiliki proteksi untuk telepon yang sering kali mengalami gangguan, terutama saat musim hujan. Yang menarik dari produk RS 500VA ini adalah kemampuannya menyimpan dan mengalirkan listrik selama 43 menit ketika aliran listrik putus.

Namun, jangka panjang listrik yang tersimpan akan sangat tergantung dari berapa banyak perangkat yang terhubung menggunakan RS 500VA buatan APC ini. Biasanya waktu 30 menit cukup panjang untuk melakukan berbagai tindakan untuk menyimpan pekerjaan yang sedang dilakukan di komputer.

Produk APC lain yang menarik adalah Power Inverter (foto bawah) yang bisa digunakan di mobil atau di dalam pesawat. Power Inverter ini memiliki dua pilihan sumber tenaga listrik. Untuk di dalam kendaraan bisa melalui rongga pemantik api, sedangkan di dalam pesawat menggunakan adapter yang biasanya disambung pada bagian tempat duduk pesawat. (rlp)

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda sangat menarik dan bagus, artikel anda:

http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/pengetahuan_umum/bekerja_melindungi_komputer/

anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!